Kamis, 03 Juni 2010

Pembekalan Program Pembangunan Lingkup Pertanian, Perikanan, dan Kehutanan Kabupaten Pringsewu


Pembekalan Program Pembangunan Lingkup Pertanian, Perikanan, dan Kehutanan Kabupaten Pringsewu, Kamis (3/6) dibuka oleh Penjabat (Pj) Bupati Pringsewu Helmi Machmud di Gedung Serba Guna (GSG) Kecamatan Gadingrejo, Pringsewu.

Acara tersebut juga dihadiri Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Pringsewu Zulkifli Maliki, jajaran Pemkab Pringsewu dan Pemprov Lampung, tokoh pemuda Pringsewu Handitya Narapati SZP, serta ratusan kalangan dunia pertanian, perikanan dan kehutanan se Kabupaten Pringsewu.

Pj Bupati Pringsewu Helmi Machmud mengatakan, sektor pertanian masih merupakan tulang punggung pembangunan di Kabupaten Pringsewu, dimana luas lahan pertanian mencapai 35.064 hektar, terdiri lahan sawah 12.092 hektar, serta lahan kering 22.972 hektar.

“Berdasarkan kondisi tersebut, peranan sektor pertanian, perikanan dan kehutanan tidak bias diabaikan begitu saja, tetapi harus dipacu untuk lebih berkembang dan ditingkatkan,” katanya.

Orientasi pembangunan pertanian kedepan, kata Helmi, diharapkan dapat mewujudkan pencapaian swasembada secara berkelanjutan, peningkatan diversifkasi pangan, peningkatan nilai tambah, daya saing dan ekspor, serta peningkatan kesejahteraan petani.

“Hal tersebut tidak mudah untuk diwujudkan mengingat tantangan pembangunan pertanian kedepan dihadapkan pada berbagai perubahan dan perkembangan lingkungan,” katanya lagi.

Pemkab Pringsewu, lanjut Pj Bupati Pringsewu, perlu berupaya keras dalam melaksanakan tugas – tugas pembangunan guna mewujudkan tujuan yang telah ditetapkan bersama, yaitu peningkatan produksi dan produktivitas pangan, pertanian, perikanan dan kehutanan, peningkatan nilai tambah, daya saing dan pemasaran produk pertanian, perikanan dan kehutanan, serta peningkatan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat pertanian, perikanan dan kehutanan.

“Pada tahun anggaran 2010 ini, Pemkab Pringsewu akan melaksanakan berbagai kegiatan pembangunan pada sektor pertanian, perikanan, dan kehutanan, baik yang didanai APBN, APBD Provinsi Lampung, maupun APBD Kabupaten Pringsewu dengan nilai yang cukup signifikan,” ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut, tokoh pemuda Pringsewu Handitya Narapati SZP juga memberikan bantuan kepada sejumlah kalangan dunia pertanian, perikanan dan kehutanan, yang penyerahannya dilakukan secara simbolis oleh Handitya Narapati didampingi Pj Bupati Pringsewu Helmi Machmud.

Terpisah, Kabag Humas dan Protokol Pemkab Pringsewu Sugesti Hendarto menambahkan Pemkab Pringsewu akan terus konsisten dan berupaya meningkatkan pembangunan di bidang pertanian, perikanan dan kehutanan, mengingat salah satu roda penggerak perekonomian di Kabupaten Pringsewu sebagian besar masih bertumpu di sektor pertanian tersebut. (*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar