Senin, 31 Mei 2010

APDESI Pringsewu Gelar Istighosah


Asosiasi Pemerintahan Desa Seluruh Indonesia (APDESI) sebagai wadah aparatur pemerintah desa, selain sebagai tempat untuk bersilaturahmi, dan mempererat tali persaudaraan diantara sesama pemerintah desa, juga merupakan tempat menyalurkan aspirasi aparatur pemerintahan desa, dimana pemerintahan desa merupakan lini terdepan dalam sistem dan struktur pemerintahan. Hal tersebut dikatakan Pj Bupati Pringsewu Helmi Machmud saat menghadiri istighosah yang diselenggarakan APDESI Kabupaten Pringsewu di pendopo kabupaten setempat, Senin (31/5).
Dikatakan Pj Bupati, dalam mekanisme penyelenggaraan pemerintahan, pemerintah desa yang tergabung dalam APDESI merupakan ujung tombak dan unsur terdepan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat, karena itu APDESI dituntut untuk lebih aspiratif terhadap anggotanya, serta tanggap terhadap perkembangan situasi dan kondisi kehidupan masyarakatnya.
“Terjadinya perbedaan pandangan dan pendapat dalam era demokrasi saat ini adalah sesuatu yang wajar, sehingga perbedaan pendapat tersebut jangan menjadikan diantara kita saling terpecah belah. Justru sebaliknya, adanya beda pandangan semestinya dapat lebih mewarnai dan mempererat rasa persatuan dan kesatuan,” katanya.
Melalui istighosah ini, Pj Bupati Helmi Machmud didampingi Ketua APDESI Provinsi Lampung Suhardi dan tokoh pemuda Lampung Handitya Narapati SZP, mengajak seluruh elemen masyarakat Pringsewu bergandengan tangan dan bersatu padu dalam membangun Kabupaten Pringsewu dalam rangka mensejahterakan masyarakat.

“Mari kita jadikan istighosah ini sebagai momentum untuk mempererat tali silaturahim, sekaligus merenung kembali apa saja yang telah kita perbuat bagi masyarakat,” ujarnya.

Lebih lanjut diungkapkan Helmi Machmud, Pemkab Pringsewu telah membagikan Alokasi Dana Pekon (ADP) bagi 96 pekon (desa) se Kabupaten Pringsewu, yang dananya berasal dari APBD Kabupaten Pringsewu sebesar Rp.1,92 Milyar, dimana masing-masing pekon mendapatkan dana sebesar Rp.20 Juta.

“Perlu diketahui bahwa Pemkab Pringsewu adalah yang paling awal dalam memberikan dana ADP dibandingkan kabupaten-kabupaten lainnya di Provinsi Lampung,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua APDESI Provinsi Lampung Suhardi menyatakan kepemimpinan APDESI Kabupaten Pringsewu saat ini sudah baik, dimana salah satunya adalah pembayaran TP-APP bagi aparatur pekon yang sudah dibagikan.

“Sesuai motto APDESI, satu dicubit, semua sakit, dihimbau agar permasalahan interen tidak mencuat kemana-mana,” katanya.

Pada bagian lain, atas nama Gubernur Lampung, Handitya Narapati SZP menyampaikan rasa terima kasih kepada masyarakat Pringsewu yang telah memberikan dukungan selama ini.

“Insya Allah Bapak Gubernur Sjachroedin ZP akan menjaga dengan baik amanah yang telah diberikan masyarakat,” kata Dadek, sapaan akrab putra ke-3 Gubernur Lampung tersebut.

Terpisah, Kabag Humas dan Protokol Setkab Pringsewu Sugesti Hendarto mengatakan Pemkab Pringsewu mendukung kegiatan istighosah yang diselenggarakan oleh jajaran APDESI Kabupaten Pringsewu ini sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa. (*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar