Rabu, 17 Februari 2010

Pentingnya Kemitraan Ormas Dan Pemerintah


Sesuai undang-undang No. 8 tahun 1985 tentang organisasi kemasyarakatan, keberadaan sebuah ormas harus ditujukan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan, pencapaian tujuan kemerdekaan, yakni terwujudnya masyarakat Indonesia yang sejahtera adil dan makmur.
Demikian dikatakan Penjabat Bupati Pringsewu Ir. Helmi Machmud, dalam kata sambutan yang dibacakan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Pringsewu Drs. Zulkifli Maliki dalam acara deklarasi sekaligus pelantikan Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Himpunan Masyrakat Kabupaten Pringsewu (HIMASKAPRI) di Pendopo Kabupaten Pringsewu, Rabu (17/2).
“Kemitraan antara pemerintah dengan elemen masyarakat merupakan salah satu kunci keberhasilan dan kesuksesan pembangunan,” katanya.
Pembangunan, kata dia, tidak akan sukses apabila hanya mengandalkan kemampuan pemerintah semata, karena potensi yang terbesar sumberdaya pembangunan tersebut justru berada di masyarakat.

Oleh sebab itu kemitraan yang kuat antara pemerintah dan masyarakat, termasuk didalamnya organisasi kemasyarakatan (ormas) perlu terus dijalin dan dikembangkan agar seluruh potensi dapat digerakkan sepenuhnya guna memenuhi tuntutan kebutuhan pembangunan.
“Hadirnya HIMASKAPRI di tengah masyarakat Kabupaten Pringsewu, tentunya merupakan jawaban atas perlunya hubungan kemitraan yang baik dan erat antara elemen masyaraka dan Pemerintah Kabupaten Pringsewu, dalam rangka membangun Kabupaten Pringsewu yang sangat kita cintai ini,” ujarnya.

Sebagai sebuah organisasi kemasyarakatan, lanjut dia, HIMASKAPRI harus mempunyai komitmen untuk mewujudkan sistem demokrasi yang berlandaskan nilai-nilai etis, transparansi, dan nilai-nilai nasionalisme dalam berbagai dimensi kehidupan.

“Sebagai sebuah daerah baru, Kabupaten Pringsewu sedang berbenah diri, guna mengejar ketertinggalannya dengan daerah lain. Tentu saja dukungan, peran serta, maupun masukan dari seluruh elemen masyarakat dalam kerangka akselerasi pelaksanaan pembangunan sangat diharapkan, sesuai dengan paradigma pembangunan kita saat ini, yakni menempatkan masyarakat sebagai objek dan sekaligus subjek pembangunan itu sendiri.” pungkasnya.
Sementara itu, Kabag Humas dan Protokol Pemkab Pringsewu Drs. Sugesti Hendarto mengatakan Pemkab Pringsewu sangat mendukung kehadiran ormas di Kabupaten Pringsewu. Sebab keberadaan ormas di daerah ini, bisa menjadi mitra pemerintah daerah dalam memajukan Kabupaten Pringsewu, dalam rangka mensejahterakan masyarakat. (*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar