Jumat, 12 Februari 2010

Pemkab Pringsewu Tingkatkan Pelayanan Masyarakat

Terwujudnya Sumber Daya Manusia (SDM) Kabupaten Pringsewu yang berkualitas menuju masyarakat yang sejahtera adalah ‘visi’ Kabupaten Pringsewu kedepan.

Selain visi tersebut, Kabupaten Pringsewu juga mempunyai misi meningkatkan kualitas pelayanan pendidikan formal maupun informal disamping meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat, serta mengembangkan infrastruktur dan supra struktur untuk menciptakan suatu iklim berusaha yang kondusif.

Menurut Kepala Bagian (Kabag) Humas dan Protokol Sekretariat Daerah Kabupaten Pringsewu Drs.Sugesti Hendarto, Pemerintah Kabupaten Pringsewu juga bertekat meningkatkan produktivitas masyarakat Pringsewu, mengupayakan pengembangan sistem pemanfaatan ruang yang seimbang dan harmonis, dan meningkatkan serta mengembangkan kapasitas kelembagaan public yang lebih transparan, akuntabel, dan berorientasi pada pelayanan publik.

“Kabupaten Pringsewu yang dibentuk berdasarkan Undang-undang No.48/2008 memiliki luas wilayah sekitar 625 km persegi, dihuni sekitar 368.318 jiwa yang tersebar di 8 kecamatan, yang terdiri dari 96 pekon (desa) dan 5 kelurahan,” ujarnya, kemarin.

Sejumlah program pembangunan daerah, kata Sugesti, akan menjadi prioritas utama pada tahun 2010 ini, diantaranya adalah peningkatan dan pemeliharaan infrastruktur ke-PU-an, perhubungan, pendidikan, pertanian, dan energi.

“Peningkatan pemeliharaan kesejahteraan rakyat, serta penataan kelembagaan dan pelaksanaan perlindungan sosial, peningkatan pelayanan dasar masyarakat seperti jamkesmas, pengobatan gratis, beasiswa, dan BOS, juga menjadi salah satu prioritas kami,” ujarnya lagi.

Disamping itu, lanjut Sugesti Hendarto, upaya peningkatan kualitas SDM dan pembinaan akhlak yang baik melalui peningkatan kesejahteraan tenaga pendidik, persamaan perlakuan sekolah negeri, swasta dan agama, juga akan diupayakan Pemkab Pringsewu, selain pemulihan ekonomi yang didukung oleh pembangunan pertanian, perkebunan, perikanan, dan peternakan serta pembukaan lapangan kerja.

“Peningkatan kualitas pengelolaan Sumber Daya Alam (SDA) dan kapasitas pembangunan di segala bidang perubahan iklim serta lingkungan hidup, dan juga pemantapan dan penataan reformasi birokrasi dan penegakan hukum serta menjaga kondusifitas berdemokrasi dan keamanan daerah yang harmonis antar komponen masyarakat dan pemerintah, juga akan kami prioritaskan,” pungkasnya. (*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar